sikap positif

Brebesnews.co 19 Agustus 2013, Menghadapi hal terburuk dengan sikap positif, siapa takut? Sahabat, sering kali kita mendengar keluhan saudara atau sahabat kita tentang susahnya hidup, susahnya pekerjaan, nasib buruk yang menimpa, susahnya berhubungan dengan orang lain dan sebagainya dan sebagaianya.

Bahkan kalau kita melihat update status teman-teman kita di facebook, kebanyakan berisi keluhan-keluhan dan seolah olah sudah tidak ada jalan lain untuk menggapai apa yang kita inginkan. Dalam berita-beritapun ada pejabat pemerintahan yang mengeluh tidak dapat menjalankan program di karenakan sesuatu hal. Padahal itu baru satu sisi,masih ada sisi yang lain yaitu sisi positif.

Bayangkan kalau setiap ada masalah, kita hanya memandang dari satu sisi saja, sisi negatif, apa yang muncul? Tentunya yang muncul adalah efek dari pikiran atau sikap negatif tersebut. Ada beberapa keadaan dalam hidup yang bisa kita ubah dan ada yang tidak.

Sikap yang benar senantiasa membantu kita. Yang penting adalah bukanlah apa yang anda lihat, tetapi bagaimana anda melihatnya. Bukan apa yang anda dengar, tetapi bagaimana anda mendengarnya. Bukan apa yang anda pikirkan tetapi bagaimana anda memikirkannya.

Sadar atau tidak sadar, sikap kita membentuk setiap peristiwa dalam hari-hari kita. Dari sikap kita inilah bisa timbul kekecewaan dan amarah atas bagaimana sesuatu berkembang; dari sikap anda juga bisa muncul kesenangan hidup dan rasa syukur atas segala berkah yang kita terima. Kita sendirilah yang memilih.

Sikap Positif

Sikap positif adalah harapan bahwa jika kita melakukan semampu kita, jika kita mengembangkan potensi kita sepenuhnya, kita akan mencapai hasil yang kita inginkan. Menurut Barry Farber (barryfarber.com) ada Delapan Kunci Menuju Sikap Positif :

Antusiasme, Antusiasme adalah penyeimbang yang hebat, antusiasme bisa membantu kita melewati halangan dan seringkali bisa menutupi kelemahan atas kurangnya keahlian kita di suatu bidang.

Berfokus pada hal positif, Dalam situasi negatif, kegagalan, atau kemunduran apapun, carilah hal baik atau hikmah yang bisa didapat serta pertimbangkan apa yang bisa anda lakukan secara berbeda pada kesempatan berikut.

Kebanggaan professional, Seorang pekerja terbaik selalu akan bangga merujuk dirinya sebagai professional di bidangnya. Dia selalu bangga dengan keprofessionalan kerjanya.

Berinvestasi pada profesi anda, Tidak ada makan siang yang gratis, anda harus menginvestiasikan waktu, tenaga dan semangat menjadi mahir dalam ketrampilan anda. Agar bisa tetap 100% tercurah, anda harus punya sesuatu yang di pertaruhkan.

Berinvestasi pada diri anda, Anda harus meningkatkan pengetahuan, wawasan dan ketrampilan. Investasikan sebagaian waktu dan uang anda untuk anda belajar lebih baik lagi.

Keteguhan yang positif, Tidak mudah menyerah, dan selalu kreatif menemukan cara yang psoitif dalam berteguh hati.

Kelilingi diri anda dengan tanda-tanda keberhasilan, Ikuti (dan tampilkan) pencapaian-pencapaian kunci,sasaran, atau apapun juga yang bisa membantu anda tetap berfokus pada hal-hal yang psoitif ketika masa sulit datang.

Belajarlah dari kegagalan, Kalau anda ingin berhasil, miliki keberanian untuk gagal dan belajar dari kesalahan anda. Kegagalan bukanlah kegelapan jika kita mendapat kan pelajaran darinya.

Sahabat, tentunya kita sekarang sudah bisa memilih, mau mengedapankan sikap negatif atau sikap positif. Hidup adalah pilihan, kita bebas memilih hidup kita mau jadi seperti apa. Dalam hidup, tiap orang pasti akan melampaui keadaan baik atau keadaan buruk.

Tapi ingat kita pun harus komit, bahwa setiap apa yang kita putuskan ada konsekuensi yang akan kita terima. Selamat dan jangan takut bersikap Positif sahabat, dimanapun dan kapanpun adanya. (*)